RESEP HAMBURGER

Resep Membuat Hamburger Enak

Resep Membuat Hamburger Enak – Konon hamburger diciptakan sekitar awal tahun 1900an di Amerika Serikat, namun ada juga yang mengatakan hamburger berasal dari kota Hamburg, Jerman. Dari sanalah nama hamburger tercita. Manapun sejarah yang benar, hamburger sudah menjadi salah satu makanan praktis yang mendunia. Dengan isian yang komplit, ada daging, sayur mayur, keju, dan saus, makanan ini sangat praktis dijadikan makanan saat sibuk.
Saat ini banyak sekali gerai makanan cepat saji yang menyediakan menu hamburger. Yang menjadi masalah, diduga gerai-gerai fastfood tersebut menambahkan zat pengawet pada produk mereka, hingga kita sering was-was untuk mengkonsumsinya. Dengan resep hamburger buatan sendiri, anda tak perlu khawatir lagi, sebab anda tahu pasti bahan apa saja yang anda olah. Selain itu, hamburger buatan sendiri dijamin lebih lezat dan pas dengan selera anda.
hamburger
hamburger
Untuk penyajian, susun semua bahan-bahan sesaat sebelum dihidangkan, agar sayuran yang digunakan tidak layu terkena saus. Agar lebih sehat, gunakan proporsi yang seimbang antara besar patty daging, sayuran (selada, tomat, mentimun), keju, dan saus.
Berikut bahan dan cara membuat Hamburger:

Bahan membuat hamburger:

  • 400 g daging sapi cincang yang tidak berlemak
  • 100 g bawan bombai, cincang halus
  • 2 siung bawang putih, memarkan, tumis, haluskan
  • 2 sdm tepung panir segar
  • 2 sdm susu rendah lemak
  • 1 sdm kecap ikan
  • 1 sdm saus tiram
  • 4 sdt minyak zaitun/canola
  • 4 roti hamburger (kalau ada yang whole wheat)

Bumbu pelengkap:

  • 2 sdm mayones rendah lemak
  • daun selada
  • tomat, iris tipis
  • bawang bombai, iris tipis

Cara membuat Hamburger:

  1. Hamburger: campur semua bahan hamburger kecuali minyak gorang dan roti. Aduk rata (jangan ditekan-tekan), bagi 4, dan bentuk masing-masing bagian menjadi bundar pipih (tebal 1/2 cm) dengan bantuan selembar plastik. Buat agak lebih besar dari penampang roti karena daging mengerut jika dimasak. Simpan dulu di lemari es sebelum dipakai.
  2. Panaskan wajan grill yang diolesi minyak hingga panas sekali. Beri 1/2 sendok makan minyak, masukkan 2 bauh hamburger. Setelah satu sisi matang, balik, lalu tambahkan 1/2 sdm minyak goreng lagi. Angkat setelah matang (3-4 menit setiap sisi). Matangkan sisa hamburger dengan cara yang sama.
  3. Belah roti hamburger membunjur. Taruh bagian terpotong di atas wajan grill sebentar agar hangat. Olesi permukaan hamburger dengan mayones rendah lemak. Susun di belahan roti bahan-bahan dengan urutan daun selada, daging hamburger, irisan tomat, dan irisan bawnag bombai. Tambahkan saus chili kalau suka pedas.
  4. Sajikan dengan salad atau tambahan pelengkap lainnya sesuai kesukaan anda. Resep hamburger diatas bisa di sajikan untuk 4 porsi.
Tip: Roti hamburger whole wheat bisa diganti dengan 2 lembar roti tawar wholw wheat.
Trik Renovasi:
Kalau ingin aman, beli daging sapi yang tidak berlemak (topside, inside atau has dalam). Tapi daging sapi giling yang sudah dikurangi lemaknya pun sudah lumayan memangkas asupan lemak anda. Lagipula, hamburger ini dipanggang dan tidak digoreng. Gunakkan roti whole wheat yang kaya serat sehingga membantu penyerapan kolesterol di pencernakan.

1 komentar:

  1. terima kasih atas inspirasinya! Betul sekali, makanan lezat serta sehat memang sangat penting, akan tetapi memasak dengan alat masak yang tepat juga sama pentingnya.

    BalasHapus