TIPS MEMBUAT KUE MEKAR

         TIPS MEMBUAT KUE KUKUS MEKAR

Membuat bolu kukus itu memacu adrenalin,apalagi pas saatnya membuka kukusan,deg deg seeer, ngakak atau mingkem yaaa? dan ketika dibuka dan ngakak,kita bisa loncat, horaaayyy. Kalo bolunya tetep mingkem ,kita mungkin akan pingsan *gyaa...soalnya digetok pake hepikol juga,sih jadi pingsan :P Ada temanku yang berkali-kali gagal membuat bolu kukus. Itu bolu kukus mingkeeem aja kayak putri solo. Nha,adakah diantara temans lain bernasib sama? Menurutku,membuat bolu kukus itu tergantung amalan juga jadi kalo amalannya kurang biasanya gagal. *Gak kalee, becanda aja.

 Di sini saya akan berbagi tips dan trik supaya bolu kukusnya tetap mekar. Berkali-kali dibahas memang tapiiii..kalau memang manfaat gak apa-apa ya dibahas berulang-ulang. Langsung simak saja,yuk. Maap ya kalau ngoboy banget bahasanya.

Let’s Make Bolu Kukus
Sebelum membuat bolu kukus, ada hal-hal yang perlu diperhatikan dan dipatuhi. Kalau tidak dipatuhi maka kita akan terkena ‘kutukan bolkus’ hehe. Ciri khas bolkus atau bolu kukus adalah mekar merekah. Dengan menggunakan pewarna makanan, bolu kukus akan tampak lebih cantik tapi, sebaiknya menghindari pewarna sebisa mungkin biar kita sehat selalu. Meskipun tanpa pewarna bisa tampak cantik,kok yaitu dengan menambahkan meises. Resep bolkus menggunakan meises saya tulis di bawah,ya. Nanti penampakan bolu kukus dengan meises tuh jadi berbintik-bintik gitu (foto terlampir)  Eh, apa ya yang perlu diperhatikan dalam pembuatan bolkus? Simak yaaa



1. Bolu kukus harus dikukus (ya iyalah :p) dengan api beusaaar. Kenapa,kan jadi boros bahan bakar?Kalau tidak dengan api besar maka kue bolu kukus tidak bisa mekar merekah alias akan mingkem saja. Gak boros gas,kok karena pengukusan bolu cantik ini hanya butuh waktu 15 menitan.
2. Panaskan dandang sebelum bolu kukus dimasukan. Jadi dandang harus beruap banyak terlebih dahulu sebelum kita memasukan bolu kukus tersebut.
3. Selama pengukusan, dandang TIDAK BOLEH DIBUKA sampai batas waktu pengukusan selesai (15 menit). Kenapa?Nanti bolu kukusnya malu trus malas tersenyum mekar merekah. Gak percaya? Buktikan saja :p
4. Pengocokkan harus menggunakan speed yang tinggi dan waktu yang lama sampai adonan kaku dan berjejak. Cirinya, kalau kita sendok adonan trus kita coba jatuhkan maka jatuhnya adonan akan melambat atau bahkan gak jatuh kalau gak digoyang-goyangkan. Atau kita bisa membuat jambul petruk di adonan tersebut.
5.  Gunakan kertas roti atau cup kertas untuk mencetaknya. Jangan lupa, kertas tersebut dimasukan ke dalam cetakan muffin /cetakan bolkus supaya tidak mleyot-mleyot.
6. Bungkus tutup panci dengan serbet agar uap yang berubah jadi air tidak menetes dan mengenai bolkus. Kalau serbet sudah basah, sebaiknya diganti,ya.
7. Tanpa menggunakan air bersoda, bolu kukus tetap bisa mekar merekah dan enak tapi resep yang tertulis di bawah menggunakan minuman bersoda. O iya, kalau pakai minuman bersoda warna merah (fanta misalnya) maka bolkus kita akan menjadi merah juga,lho begitu juga kalau pakai minuman berwarna hijau maka bolkus kita akan menjadi hijau.
8. Berdoa sebelum membuat biar enggak kena kutukan bolkus.

Ini adalah resep bolkus paling mudah sedunia :
Bahan :
250 terigu protein sedang (Merk yang ngetop adalah segitiga biru)
2 butir telur
200 gr gula pasir
1 sdm susu bubuk
174 ml minuman bersoda
½ sdt emulsifier
Sedikit vanili bubuk
30 gr meises (atau sesuai selera)

Cara membuatnya :
1. Panaskan dandang dengan api besar
2. Campurkan semua bahan menjadi satu lalu kocok hingga adonan kaku berjejak atau  berwarna putih. Masukkan meises, kocok sebentar dengan speed rendah.
3. Tuang ke cetakan.
4. Kukus dengan api besar hingga 15 menit.
5. Angkat dan nikmati.
Selamat Membuat Bolu Kukus ,Semoga Berhasil, Aamiin.

Alat yang dibutuhkan :
  1. Dandang, kalau bisa yang lubang sarangannya besar agar uap leluasa bisa naik ke atas sehingga bolkus benar-benar kepanasan.
  2. Mikser harus yang tahan panas. Maksudnya tidak eror kalau untuk mengocok dalam waktu yang lama.
  3. Cetakan bolkus
  4. Cup kertas
  5. Cetakan bolkus yang bolong-bolong
  6. Waskom untuk ngadonin
  7. Gelas ukur
  8. Timbangan
  9. Sendok pengukur








Happy making bolu kukus and enjoy your days

Tidak ada komentar:

Posting Komentar